Makalah
Bisnis Online Shop

Di
susun oleh :
Firdiyanita
FS
10312041
Ekonomi Manajemen
Universitas
Muhammadiyah Gresik
2012
Keputusan memulai usaha
A.
Produk yang akan diproduksi
Bisnis online mulai tumbuh dan berkembang dengan perkembangan seiringnya
teknologi internet dewasa ini. Internet telah banyak mempengaruhi cara bisnis
saat ini, dimana kita mengalihkan bisnis kita menjaadi bisnis dengan cara
online yang telah dipandang lebih mudah dan murah. Tidak dipungkiri derasnya
arus informasi dan telekomunikasi seperti internet saat ini member pengaruh
yang sangat segnifikan terhadap perkembangan dunia bisnis termasuk didalamnya
bisnis online. Mudah dan sangat simple tanpa harus membuang waktu yang cukup
banyak. Menurut saya ini adalah pangsa pasar terbesar dan boleh jadi keuntungan
besar.
Modalnya
pun tidak banyak hanya computer dan jaringan internet. Bisnis yang saya geluti
saat ini secara garis besar adalah segala transaksi yang dilakukan di internet
maka dari itu dinamakan bisnis online.
B.
Pemilihan Teknologi
Tentu saja kaarena saya berbisnis online maka dapat kita ketahui
bahwa internet adalah sebuah system global yang saling terhubung dan digunakan
oleh milyaran pengguna di seluruh dunia. Maka dari itu saya menggunakan
teknologi ini untuk berbisnis online. Pemanfaatan internet tentunya memerlukan
pemahaman luas tentang kebutuhan teknologi tersebut, misalnya internet sebagai
media promosi, sebagai alat komunikasi dengan konsumen.
Saya
menggunakan beberapa cara untuk memanfaatkan internet sebagai alat bisnis saya
yaitu, membuat website untuk media promosi, menggunakan layanan jaringan untuk
promosi dan komunikasi seperti menggunakan facebook dan twitter. Serta
menggunakan jasa periklanan online juga saya lakukan.
C.
Rencana Kapasitas dan Jumlah Produksi
Kami menggunakan kapasitas produksi seperti sumber daya yang kita
miliki yaitu, teknologi, tenaga kerja, modal dn jasa. Untuk memenuhi permintaan
yang mendadak atau seketika dalam waktu yang pendek maka kita akan meningkatkan
suber daya itu sendiri. Sebaliknya jika permintaan dalam waktu jangka panjang
maka kami akan membuat jumlah produksi yang dihasilkan sama dengan setiap
waktu. Dan jika permintaan yang sudah di order kapasitasnya melebihi jumlah
yang telah di produksi dari suplyer dan kami akan kekurangan maka suplyer akan
mengerjakan produksi tersebut dengan kerja lembur. Jumlah produksi yang kami
sediakan sesuai dengan pesanan konsumen, jadi jika konsumen memesan sekian maka
kami akan menyediakan jumlah produk sekian. Dan itu memesan daari suplyer kita.
Maka
dari itu kami selalu mengeluarkan produksi terbaik agar konsumen tidak kecewa
dan selalu puas atas kinerja kita. Seperti misalnya kami menyediaka
produk-produk yang berkualitas, harga yang lebih rendah dibanding online shop
lainnya, pengiriman yang tepat pada
waktunya.
D.
Lokasi produksi / oprasi dan pemasaran
Dalam membuat rencana bisnis, pemilihan lokasi usaha adalah hal
utama yang perlu dipertimbangkan. Lokasi strategis menjadi salah satu factor
penting dan sanagat menentukan keberhasilan suatu usaha. Lokasi usaha juga akan
berhubungan dengan masalah efisiensi transportasi, sifat bahan baku atau sifat
produknya, dan kemudahan mencapai konsumen.
Karena
kami membuka usaha online yaitu hanya bermodal internet jadi kita membuka usaha
dirumah saja, tetapi adakalanya bisa dilakukan dari mana saja asalkan kita
terhubung dengan koneksi internet, karena kita hanya bermodal internet buat
promosi, pemaasrannya dan komunikasi atau berinteraksi dengan konsumen. Jadi
usaha online yang kami jalani ini bisa dilakukan dimana saja asalkan terhubung
dengan internet dan mempunyai teknologi yang mendukung.
E.
Lay out pabrik / lokasi produksi pemasaran
Untuk
menjalankan suatu usaha online shop diperlukan tempat usaha lokasi atau tempat
lokasi. Lokasi ini penting baik sebagain tempat menjalankan aktifitas yang
melayani konsumen, aktifitas produksi, aktifitas penyimpanan, ataupun untuk
mengendalikan kegiatan berbisnis secara keseluruhan. Lokasi merupakan salah
satu dari kita berbisnis sehingga konsumen dapat mengetahui asal kita. Karena
dengan konsumen mengetahui akan lokasi atau alamat kita tinggal maka mereka
akan percaya karena online shop berbisnis melewati dunia maya. Sebagai tempat
produksi dan promosi serta memasarkan produk, dalam lokasi ini aktifitasnya jelas,
mulai dari proses produksi, pemasaran, promosi, sampai dengan pengiriman kepada
konsumen.
F.
Perencanaan persediaan bahan baku dan produk jadi
Dalam dunia bisnis online shop maka kita memproduksi barang dan
jasa. Kita sebagai reseller kita memerlukan barang atau produk yang sudah di
pesan atau di order oleh konsumen dengan melalui proses dari dunia maya.
Terdapat pula memproduksi jasa ( service ). Mengingat setelah kita memproduksi
dan konsumen sudah memesan produk kita maka kita akan mengirimkan pesanan
tersebut melalui jasa. Biasanya kita akan menggunakana jasa seperti kantor pos,
JNE dan lain-lain. Dengan menggunakan fasilitas tersebut mungkin bisa lebih fleksibel dan tidak ribet pula.
G.
Rencana kualitas bahan baku proses dan output
Perencanaan
persediaan bahan baku dan produksi jadi yang kita lakukan yaitu, kita hanya
menunggu suplyer dari pusat yaitu kita mengambil barang atau produk dari kota
Jakarta. Disini kita hanya sebagai reseller yang hanya mempromosikan dan
memasarkan barang-barang tersebut sehingga para konsumen memesan dari kita dan
kita yang mengirim ke tempat asal atau alamat konsumen tersebut. Jadi bisnis
ini kita lebih banyak menggunakan jasa daripada memproduksi. Dibisnis ini kita
memproduksinya sekedar membungkus atau mengemas barang atau produk tersebut
yang sudah di order lalu dikirim kepada konsumen.
I.
Flow chart proses produksi
Bisnis
kami ini hanya di bidang pemasaran dan jasa. Kita memasarkan dengan menggunakan
jaringan internet, kita hanya mengandalkan barang dari suplyer yang berupa barang jadi. Kita disini
memasarakan, mempromosikan barang-barang tersebut sehingga konsumen akan membeli
dari kita melalui jejaring social seperti facebook dan twitter. Kami
menggunakan jejaring social tersebut buat berbisnis. Konsumen membeli produk
kita melalui dunia maya tersebut. Pemasaran yang dimaksud dilaksanakan secara
elektronik lewat internet atau jaringan syber. Kegiatan pemasaran bisnis online
shop ini meliputi atau berkisar pada hal-hal yang berhubungan dengan bentuk
produk, pembelian, dan periklanan atau memasarkan produk yang kami jual.
II.
Aspek SDM jumlah tugas dan kompensasi
Aspek
SDM sendiri dibisnis onlne shop ini adalah pemegangb teknologi atau kita yang
mempromosikan atau mengiklankan, memasarkan dan yang bertransaksi melalui
jejaring social atau dunia maya tersebut. Karena mereka yang berhubungan dengan
konsumen-konsumen. Dan jejaring social yang kita gunakan yaitu facebook dan
twitter. Jadi bagaimana kita pintar memasarkan produk kita melewatin akun
tersebut agar tidaak tersaingin oleh online shop yang lainnya. Karena di era
teknologi yang semakin canggih ini tak jarangf orang berbsinis online shop
seperti bisnis saya ini. Jadi kita tidak mau kalah dan tersaingi dengan mereka
maka kita menguunakan SDM dengan sebaik-baiknya agar tidak kalah dengan
pembisnis yang lain.
III.
Aspek lingkungan terhadap dampak limbah
Masyarakat
merupakan konsumen untuk berbagai produk. Tetapi di bisnis online shop seperti
bisnis kami ini tidak ada limbah yang membuat msyarakat resah. Hanya saja bagi
suplyer kami yang memproduksi produk-produk yang kami jual akan menghasilkan
limbah tetapi tidak dengan bisnis saya sendiri. Karena kita yang hanya sebagi suplyer
jadi kita tidaak akaan menimbulkkan limbah. Menurut saya bukan limbah yang
berdampak pada masyarakat karena adanya online shop ini. Tetapi kadang kala
mungkin ada orang yang kurang atau tidak bertanggung jawab dengan mencari
keuntungan dan membuat ulah seperti melakukan penipuan. Tetapi itu bukan pada
online shop kami. Hanya beberapa online shop yang tidak bertaggung jawab
melakukan hal seperti itu dan itu membuat masyarakat kadang takut membeli
barang atau produk secara online karena takut adanya penipuan tersebut. Dan
online shop kami selalu menjaga nama baik bisnis ini dan tidak akan melakukan
hal sedemikian.
IV.
Aspek ekonomi : daya beli, target pasar
Berbisnis
online sangat memerlukan riset target pasar. Target pasar diperlukan untuk
memetakan strategi yang akan digunakan para pebisnis online tersebut. Target
pasar pertama untun online shop kita yaitu kaum mudah, maksudnya adalah yang
berumur dibawah 30 tahun. Karena perilaku konsumen ini, sikaum mudah yang
dinamis dengan cepat akan memberikan gaya hidup baru dan dengan sangat mudah
menerima perubahan gaya hidup. Lalu target pasar online shop kita yang kedua yaitu kaum wanita karena
wanita adalah konsumen yang kuat dalam duina pemasaran. Tetapi tidak dipungkiri
pria bahkan smua jenis kelain adalah target pasar kita juga. Kita tidak pernah
membatasi siapa-siapa yang menjadi konsumen kita asalkan mereka bertanggung
jawab atas pesanannya dan mereka memesan barang atau produk sesuai dengan apa
yang kita jual.
V.
Aspek social : hubungan dengan masyarakat
Sebuah
usaha bisnis perlu menjalin hubungan baik dengan berbagai pihak dengan melalui public relation atau hubungan dengan
masyarakat. Public Relation
ini sendiri adlah program untuk mempromosikan dan melindungi citra online shop
atau produknya. Daya tarik hubungan masyarakat berdasar pada
Kredibilitas online shop yang tinggi, Kemampuan
menangkap pembeli cenderung menghindarin wiraniaga, dan
yang terkahir adalah dramatisasi mkasudnya yaitu masyarakat memiliki kemampuan
untuk mendramatisasi suatu online shop atau produk sehingga lebih dipercaya
oleh masyarakat. Jika sebuah usaha bisnis memiliki
hubungan baik dengan konsumennya pastinya usaha bisnis tersebut menjadi lebih
lancar karena para konsumen mendukung keberadaan bisnis online shop ini. Umumnya
para online shop cenderung kurang menggunakan hubungan masyarakat, namun jika melakukan program ini, program
hubungan masyarakat yang direncanakan dengan baik dan dikoordinasikan dengan
elemen bauran promosi yang lain dapat menjadi sangat efektif.
VI.
Aspek hokum : bentuk usaha
Pengenaan sanksi terhadap pemilik usaha online seperti bisnis yang
saya jalankan adalah karena adanya pajak yang tidak dibayarkan, dalam hal ini
pajak penghasilan. Pajak penghasilan ini adalah kewajiban bagi subjek pajak
sebagaimana diatur dalam Pasal 2 ayat
(1) UU No. 36 Tahun 2008 tentang Perubahan Keempat Atas UU No.
7 Tahun 1983 tentang Pajak Penghasilan (“UU PPh”)
Untuk pajak jual beli
secara online oleh subjek pajak dalam negeri (perorangan atau badan),
berdasarkan penelusuran kami tidak ada peraturan khusus yang menyebutkan
tentang transaksi online serta pengaturan pajaknya. Pengenaan pajak jual beli untuk toko online pada dasarnya dipersamakan
dengan toko konvensional. Dengan demikian, ketentuan pajak yang berlaku
bagi usaha online tidaklah berbeda dengan toko konvensional pada umumnya, hanya
saja media yang digunakan dalam hal ini adalah internet. Yang dikenakan pajak
dari toko konvensional adalah keuntungan dari penjualan sebagai salah satu
objek pajak berdasarkan Pasal 4 ayat
(1) huruf d UU PPh.
Dapat disimpulkan bahwa
pajak untuk transaksi online dipersamakan dengan pajak transaksi pada toko
konvensional pada umumnya.Untuk wajib pajak (dalam hal ini pengusaha online)
yang tidak melaksanakan kewajiban membayar pajaknya, Direktorat Jenderal
Pajak akan melakukan penagihan pajak.
VII.
Aspek politik : kenaikan bbm
Bila menyangkut teknologi dan telekomunikasi, maka urusan bisnis
tidak bisa semata-mata dipandang sebagai murni bisnis. Bisnis teknologi dan
telekomunikasi harus mempertimbangkan aspek politik, keamanan negara, dan
kepentingan public. Maka dari tiu pemerintah tidak melarang berbsinis dengan
menggunakan teknologi, karena teknologi merupakan alat yang membantu dalam
proses jual beli onlne yang marak pada era dewasa ini. Negara kita juga tidak
mau ketinggalan dengan Negara lain atas jual beli online tersebut karena hal
ini juga membantu Negara kita semakin maju dan mungkin mendapat keuntungan dari
jual beli onlne ini. Maka dari itu pemerinyah tidak melrang hal seperti ini
hanya saja melarang jika melakukan peyalahgunaan seperti penipuan. Dari
harga-harga yang sedang diperjual belikan di online shop ini juga kita menurut
akanb ekonomi Negara sendiri. Misalnya jika bbm naik maka ekonomo kita atau
mata uang Negara kita harganya naik, dan disitulah kita juga menaikkan harga
dari produk-produk yang kami jual ini.
VIII.
Aspek pemasaran target pasar dan daya beli
Menentukan target pasar menjadi bagian pokok dalam strategi
pemasaran bisnis online. Dengan target pasar yang jelas akan mempermudah online
shop untuk menentukan produk yang sesuai dengan keinginan konsumen. Online shop
kami melihat pangsa pasar secara keseluruhan tanpa membedakan target pasar
tetentu. Karena bisnis online kami hanya menawarkan beberapa produk tertentu
misalnya, pakaian, sepatu, dan accecories. Kita menggunakan target pasar
seperti ini karena kita ingin mencakup seluruh pasar tanpa membedakan target
pasar, hal seperti ini agar menanamkan image kuat pada produk kita untuk para
konsumen. Disisi lain target pasar seperti ini biayanya atau modal lebih kecil
dibandingkan pemasaran dengan membedakan target pasar. Pemasaran seperti ini
lebih mengandalkan produksi, distribusi, jasa dan strategi promosi secara
missal, sehingga bisa menghemat biaya.
IX.
Aspek keuangan sumber modal / pendanaan
Karena kami berbisnis online hanya sebagai reseller, maka kami tidak
terlalu mengeluarkan biaya. Hanya beberapa yang menjadi kebutuhan kami, sebagai
berikut :
·
Modal Awal :
Laptop = Rp. 5.000.000,-
Sambungan speedy /bulan = Rp. 900.000,-
·
Lain-lain :
Listrik /bulan = Rp.
600.000,-
Transportasi = Rp.
300.000,-
Jasa pengiriman barang =
Rp. 150.000,- +
Investasi Awal =
Rp. 6.950.000,-
·
Pendapatan
1 produk / barang mendapat
laba = Rp. 20.000,-
Tiap bulan mendapat order
berkisar 450 barang
Jadi 450 x 20.000 = Rp.
9000.000,-
Pendapatan – Investasi
awal
Rp. 9000.000 – Rp.
6.950.000 = Rp. 2.050.000,-
v Jadi laba bersih tiap bulan yang kami dapatkan dari bisnis online
ini berkisar sampai Rp. 2.050.000,-
0 komentar:
Posting Komentar