Pages

Diberdayakan oleh Blogger.

Popular Posts

Blogroll

About

Blogger templates

Blogger news

Kamis, 24 Oktober 2013

Materi usaha online


Makalah
Bisnis Online Shop




Di susun oleh :
Firdiyanita FS
10312041

Ekonomi Manajemen
Universitas Muhammadiyah Gresik
2012

Keputusan memulai usaha
A.    Produk yang akan diproduksi

Bisnis online mulai tumbuh dan berkembang dengan perkembangan seiringnya teknologi internet dewasa ini. Internet telah banyak mempengaruhi cara bisnis saat ini, dimana kita mengalihkan bisnis kita menjaadi bisnis dengan cara online yang telah dipandang lebih mudah dan murah. Tidak dipungkiri derasnya arus informasi dan telekomunikasi seperti internet saat ini member pengaruh yang sangat segnifikan terhadap perkembangan dunia bisnis termasuk didalamnya bisnis online. Mudah dan sangat simple tanpa harus membuang waktu yang cukup banyak. Menurut saya ini adalah pangsa pasar terbesar dan boleh jadi keuntungan besar.
Modalnya pun tidak banyak hanya computer dan jaringan internet. Bisnis yang saya geluti saat ini secara garis besar adalah segala transaksi yang dilakukan di internet maka dari itu dinamakan bisnis online.

B.     Pemilihan Teknologi

Tentu saja kaarena saya berbisnis online maka dapat kita ketahui bahwa internet adalah sebuah system global yang saling terhubung dan digunakan oleh milyaran pengguna di seluruh dunia. Maka dari itu saya menggunakan teknologi ini untuk berbisnis online. Pemanfaatan internet tentunya memerlukan pemahaman luas tentang kebutuhan teknologi tersebut, misalnya internet sebagai media promosi, sebagai alat komunikasi dengan konsumen.
Saya menggunakan beberapa cara untuk memanfaatkan internet sebagai alat bisnis saya yaitu, membuat website untuk media promosi, menggunakan layanan jaringan untuk promosi dan komunikasi seperti menggunakan facebook dan twitter. Serta menggunakan jasa periklanan online juga saya lakukan.

C.    Rencana Kapasitas dan Jumlah Produksi

Kami menggunakan kapasitas produksi seperti sumber daya yang kita miliki yaitu, teknologi, tenaga kerja, modal dn jasa. Untuk memenuhi permintaan yang mendadak atau seketika dalam waktu yang pendek maka kita akan meningkatkan suber daya itu sendiri. Sebaliknya jika permintaan dalam waktu jangka panjang maka kami akan membuat jumlah produksi yang dihasilkan sama dengan setiap waktu. Dan jika permintaan yang sudah di order kapasitasnya melebihi jumlah yang telah di produksi dari suplyer dan kami akan kekurangan maka suplyer akan mengerjakan produksi tersebut dengan kerja lembur. Jumlah produksi yang kami sediakan sesuai dengan pesanan konsumen, jadi jika konsumen memesan sekian maka kami akan menyediakan jumlah produk sekian. Dan itu  memesan daari suplyer kita.
Maka dari itu kami selalu mengeluarkan produksi terbaik agar konsumen tidak kecewa dan selalu puas atas kinerja kita. Seperti misalnya kami menyediaka produk-produk yang berkualitas, harga yang lebih rendah dibanding online shop lainnya,  pengiriman yang tepat pada waktunya.

D.    Lokasi produksi / oprasi dan pemasaran

Dalam membuat rencana bisnis, pemilihan lokasi usaha adalah hal utama yang perlu dipertimbangkan. Lokasi strategis menjadi salah satu factor penting dan sanagat menentukan keberhasilan suatu usaha. Lokasi usaha juga akan berhubungan dengan masalah efisiensi transportasi, sifat bahan baku atau sifat produknya, dan kemudahan mencapai konsumen.
Karena kami membuka usaha online yaitu hanya bermodal internet jadi kita membuka usaha dirumah saja, tetapi adakalanya bisa dilakukan dari mana saja asalkan kita terhubung dengan koneksi internet, karena kita hanya bermodal internet buat promosi, pemaasrannya dan komunikasi atau berinteraksi dengan konsumen. Jadi usaha online yang kami jalani ini bisa dilakukan dimana saja asalkan terhubung dengan internet dan mempunyai teknologi yang mendukung.

E.     Lay out pabrik / lokasi produksi pemasaran

Untuk menjalankan suatu usaha online shop diperlukan tempat usaha lokasi atau tempat lokasi. Lokasi ini penting baik sebagain tempat menjalankan aktifitas yang melayani konsumen, aktifitas produksi, aktifitas penyimpanan, ataupun untuk mengendalikan kegiatan berbisnis secara keseluruhan. Lokasi merupakan salah satu dari kita berbisnis sehingga konsumen dapat mengetahui asal kita. Karena dengan konsumen mengetahui akan lokasi atau alamat kita tinggal maka mereka akan percaya karena online shop berbisnis melewati dunia maya. Sebagai tempat produksi dan promosi serta memasarkan produk, dalam lokasi ini aktifitasnya jelas, mulai dari proses produksi, pemasaran, promosi, sampai dengan pengiriman kepada konsumen.

F.     Perencanaan persediaan bahan baku dan produk jadi

Dalam dunia bisnis online shop maka kita memproduksi barang dan jasa. Kita sebagai reseller kita memerlukan barang atau produk yang sudah di pesan atau di order oleh konsumen dengan melalui proses dari dunia maya. Terdapat pula memproduksi jasa ( service ). Mengingat setelah kita memproduksi dan konsumen sudah memesan produk kita maka kita akan mengirimkan pesanan tersebut melalui jasa. Biasanya kita akan menggunakana jasa seperti kantor pos, JNE dan lain-lain. Dengan menggunakan fasilitas tersebut mungkin bisa  lebih fleksibel dan tidak ribet pula.

G.    Rencana kualitas bahan baku proses dan output

Perencanaan persediaan bahan baku dan produksi jadi yang kita lakukan yaitu, kita hanya menunggu suplyer dari pusat yaitu kita mengambil barang atau produk dari kota Jakarta. Disini kita hanya sebagai reseller yang hanya mempromosikan dan memasarkan barang-barang tersebut sehingga para konsumen memesan dari kita dan kita yang mengirim ke tempat asal atau alamat konsumen tersebut. Jadi bisnis ini kita lebih banyak menggunakan jasa daripada memproduksi. Dibisnis ini kita memproduksinya sekedar membungkus atau mengemas barang atau produk tersebut yang sudah di order lalu dikirim kepada konsumen.

                               I.            Flow chart proses produksi

Bisnis kami ini hanya di bidang pemasaran dan jasa. Kita memasarkan dengan menggunakan jaringan internet, kita hanya mengandalkan barang dari suplyer  yang berupa barang jadi. Kita disini memasarakan, mempromosikan barang-barang tersebut sehingga konsumen akan membeli dari kita melalui jejaring social seperti facebook dan twitter. Kami menggunakan jejaring social tersebut buat berbisnis. Konsumen membeli produk kita melalui dunia maya tersebut. Pemasaran yang dimaksud dilaksanakan secara elektronik lewat internet atau jaringan syber. Kegiatan pemasaran bisnis online shop ini meliputi atau berkisar pada hal-hal yang berhubungan dengan bentuk produk, pembelian, dan periklanan atau memasarkan produk yang kami jual.

                            II.            Aspek SDM jumlah tugas dan kompensasi

Aspek SDM sendiri dibisnis onlne shop ini adalah pemegangb teknologi atau kita yang mempromosikan atau mengiklankan, memasarkan dan yang bertransaksi melalui jejaring social atau dunia maya tersebut. Karena mereka yang berhubungan dengan konsumen-konsumen. Dan jejaring social yang kita gunakan yaitu facebook dan twitter. Jadi bagaimana kita pintar memasarkan produk kita melewatin akun tersebut agar tidaak tersaingin oleh online shop yang lainnya. Karena di era teknologi yang semakin canggih ini tak jarangf orang berbsinis online shop seperti bisnis saya ini. Jadi kita tidak mau kalah dan tersaingi dengan mereka maka kita menguunakan SDM dengan sebaik-baiknya agar tidak kalah dengan pembisnis yang lain.


                         III.            Aspek lingkungan terhadap dampak limbah

Masyarakat merupakan konsumen untuk berbagai produk. Tetapi di bisnis online shop seperti bisnis kami ini tidak ada limbah yang membuat msyarakat resah. Hanya saja bagi suplyer kami yang memproduksi produk-produk yang kami jual akan menghasilkan limbah tetapi tidak dengan bisnis saya sendiri. Karena kita yang hanya sebagi suplyer jadi kita tidaak akaan menimbulkkan limbah. Menurut saya bukan limbah yang berdampak pada masyarakat karena adanya online shop ini. Tetapi kadang kala mungkin ada orang yang kurang atau tidak bertanggung jawab dengan mencari keuntungan dan membuat ulah seperti melakukan penipuan. Tetapi itu bukan pada online shop kami. Hanya beberapa online shop yang tidak bertaggung jawab melakukan hal seperti itu dan itu membuat masyarakat kadang takut membeli barang atau produk secara online karena takut adanya penipuan tersebut. Dan online shop kami selalu menjaga nama baik bisnis ini dan tidak akan melakukan hal sedemikian.

                         IV.            Aspek ekonomi : daya beli, target pasar

Berbisnis online sangat memerlukan riset target pasar. Target pasar diperlukan untuk memetakan strategi yang akan digunakan para pebisnis online tersebut. Target pasar pertama untun online shop kita yaitu kaum mudah, maksudnya adalah yang berumur dibawah 30 tahun. Karena perilaku konsumen ini, sikaum mudah yang dinamis dengan cepat akan memberikan gaya hidup baru dan dengan sangat mudah menerima perubahan gaya hidup. Lalu target pasar online shop  kita yang kedua yaitu kaum wanita karena wanita adalah konsumen yang kuat dalam duina pemasaran. Tetapi tidak dipungkiri pria bahkan smua jenis kelain adalah target pasar kita juga. Kita tidak pernah membatasi siapa-siapa yang menjadi konsumen kita asalkan mereka bertanggung jawab atas pesanannya dan mereka memesan barang atau produk sesuai dengan apa yang kita jual.

                            V.            Aspek social : hubungan dengan masyarakat

Sebuah usaha bisnis perlu menjalin hubungan baik dengan berbagai pihak dengan melalui public relation atau hubungan dengan masyarakat. Public Relation ini sendiri adlah program untuk mempromosikan dan melindungi citra online shop atau produknya. Daya tarik hubungan masyarakat berdasar pada Kredibilitas online shop  yang tinggi, Kemampuan menangkap pembeli cenderung menghindarin wiraniaga,   dan yang terkahir adalah dramatisasi mkasudnya yaitu masyarakat memiliki kemampuan untuk mendramatisasi suatu online shop atau produk sehingga lebih dipercaya oleh masyarakat. Jika sebuah usaha bisnis memiliki hubungan baik dengan konsumennya pastinya usaha bisnis tersebut menjadi lebih lancar karena para konsumen mendukung keberadaan bisnis online shop ini. Umumnya para online shop cenderung kurang menggunakan hubungan masyarakat, namun jika melakukan program ini, program hubungan masyarakat yang direncanakan dengan baik dan dikoordinasikan dengan elemen bauran promosi yang lain dapat menjadi sangat efektif.

                         VI.            Aspek hokum : bentuk usaha

Pengenaan sanksi terhadap pemilik usaha online seperti bisnis yang saya jalankan adalah karena adanya pajak yang tidak dibayarkan, dalam hal ini pajak penghasilan. Pajak penghasilan ini adalah kewajiban bagi subjek pajak sebagaimana diatur dalam Pasal 2 ayat (1) UU No. 36 Tahun 2008 tentang Perubahan Keempat Atas UU No. 7 Tahun 1983 tentang Pajak Penghasilan (“UU PPh”)
Untuk pajak jual beli secara online oleh subjek pajak dalam negeri (perorangan atau badan), berdasarkan penelusuran kami tidak ada peraturan khusus yang menyebutkan tentang transaksi online serta pengaturan pajaknya. Pengenaan pajak jual beli untuk toko online pada dasarnya dipersamakan dengan toko konvensional. Dengan demikian, ketentuan pajak yang berlaku bagi usaha online tidaklah berbeda dengan toko konvensional pada umumnya, hanya saja media yang digunakan dalam hal ini adalah internet. Yang dikenakan pajak dari toko konvensional adalah keuntungan dari penjualan sebagai salah satu objek pajak berdasarkan Pasal 4 ayat (1) huruf d UU PPh.
Dapat disimpulkan bahwa pajak untuk transaksi online dipersamakan dengan pajak transaksi pada toko konvensional pada umumnya.Untuk wajib pajak (dalam hal ini pengusaha online) yang  tidak melaksanakan kewajiban membayar pajaknya, Direktorat Jenderal Pajak akan melakukan penagihan pajak.

                      VII.            Aspek politik : kenaikan bbm

            Bila menyangkut teknologi dan telekomunikasi, maka urusan bisnis tidak bisa semata-mata dipandang sebagai murni bisnis. Bisnis teknologi dan telekomunikasi harus mempertimbangkan aspek politik, keamanan negara, dan kepentingan public. Maka dari tiu pemerintah tidak melarang berbsinis dengan menggunakan teknologi, karena teknologi merupakan alat yang membantu dalam proses jual beli onlne yang marak pada era dewasa ini. Negara kita juga tidak mau ketinggalan dengan Negara lain atas jual beli online tersebut karena hal ini juga membantu Negara kita semakin maju dan mungkin mendapat keuntungan dari jual beli onlne ini. Maka dari itu pemerinyah tidak melrang hal seperti ini hanya saja melarang jika melakukan peyalahgunaan seperti penipuan. Dari harga-harga yang sedang diperjual belikan di online shop ini juga kita menurut akanb ekonomi Negara sendiri. Misalnya jika bbm naik maka ekonomo kita atau mata uang Negara kita harganya naik, dan disitulah kita juga menaikkan harga dari produk-produk yang kami jual ini.
                   VIII.            Aspek pemasaran target pasar dan daya beli

Menentukan target pasar menjadi bagian pokok dalam strategi pemasaran bisnis online. Dengan target pasar yang jelas akan mempermudah online shop untuk menentukan produk yang sesuai dengan keinginan konsumen. Online shop kami melihat pangsa pasar secara keseluruhan tanpa membedakan target pasar tetentu. Karena bisnis online kami hanya menawarkan beberapa produk tertentu misalnya, pakaian, sepatu, dan accecories. Kita menggunakan target pasar seperti ini karena kita ingin mencakup seluruh pasar tanpa membedakan target pasar, hal seperti ini agar menanamkan image kuat pada produk kita untuk para konsumen. Disisi lain target pasar seperti ini biayanya atau modal lebih kecil dibandingkan pemasaran dengan membedakan target pasar. Pemasaran seperti ini lebih mengandalkan produksi, distribusi, jasa dan strategi promosi secara missal, sehingga bisa menghemat biaya.

                         IX.            Aspek keuangan sumber modal / pendanaan

Karena kami berbisnis online hanya sebagai reseller, maka kami tidak terlalu mengeluarkan biaya. Hanya beberapa yang menjadi kebutuhan kami, sebagai berikut :

·         Modal Awal :
Laptop                                                  = Rp. 5.000.000,-
Sambungan speedy /bulan                  = Rp. 900.000,-

·         Lain-lain :
Listrik /bulan                                       = Rp. 600.000,-
Transportasi                                         = Rp. 300.000,-
Jasa pengiriman barang                       = Rp. 150.000,-                                   +

            Investasi Awal                                    = Rp. 6.950.000,-

·         Pendapatan
1 produk / barang mendapat laba        = Rp. 20.000,-
Tiap bulan mendapat order berkisar 450 barang
Jadi 450 x 20.000 = Rp. 9000.000,-

Pendapatan – Investasi awal
Rp. 9000.000 – Rp. 6.950.000 = Rp. 2.050.000,-

v  Jadi laba bersih tiap bulan yang kami dapatkan dari bisnis online ini berkisar sampai Rp. 2.050.000,-



separador

0 komentar:

Posting Komentar

dAtE

clock

Followers